HOME

Monday, 25 December 2017

Minuman Sehat dan Menyegarkan - Es Teler Baloi


Menetap di negara yang memiliki musim panas jauh lebih lama dari beberapa negara di dunia, membuat masyrakat Indonesia menjadi lebih kreatif untuk menciptakan ide-ide minuman menyegarkan yang mana sengaja dibuat atau diciptakan dengan maksud untuk menyegarkan tubuh disaat penat dengan hujaman sinar matahari yang benderang.

Es teler merupakan satu dari sekian banyak variasi menu es atau menu hidangan pencuci mulut yang banyak ditawarkan di berbagai restoran dan sama dengan hidangan pencuci mulut lainnya, es teler pun mendapatkan perhatian yang cukup besar sehingga memiliki penggemar yang tidak sedikit karena minuman menyegarkan ini merupakan sebuah inovasi atau lebih pantas disebut sebagai koktail buah khas Indonesia.


Ternyata selain menyegarkan, es teler ini banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh manusia. Apa itu Es Teler? Es teler merupakan es yang berisi potongan dari buah alpukat, kelapa muda, nangka matang dan juga santan kelapa encer dengan pemanisnya berupa sirup.


Es teler ini merupakan jenis kuliner yang murni atau yang lebih dikenal dengan istilah Fresh from Nature, tanpa diolah dan hanya dipotong lalu dibersihkan kemudian diberi kuah dengan rasa sesuai selera.


Maka dari itu tidak mengherankan jika es teler ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan besar manfaatnya terutama untuk kesehatan. Lalu apa saja khasiat es teler ini? Terutama dampak positifnya bagi kesehatan?



Salah satu buah yang dijadikan sebagai bahan utama pembuatan es teler adalah buah alpukat. Dan ternyata pada buah alpukat ini tersimpan rahasia nutrisi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Diantaranya adalah:
1. Pelindung Mata
Bisa meningkatkan tingkat lutein sehingga bisa melindungi dari terjadinya degenerasi makular dan juga pembentukan katarak.
2. Mengurangi Kolesterol
Beta-sitosterol yang terkandung pada alpukat ini bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.

3. Pencegah Stroke

Tingkat folat yang tinggi pada alpukat selain sangat baik untuk ibu hamil juga bisa berperan sebagai pencegah stroke.
4. Penyerapan Nutrisi yang Lebih Baik
Mengkonsumsi Alpukat bisa meningkatkan jumlah karotenid yang diserap dari makanan sampai 5 kali. Selain itu nutrisi yang terkandung pada alpukat juga bisa mengurangi peradangan lambung dan juga peradangan pada lapisan mukosa usus halus.
5. Makanan Sehat Otak
Alpukat ini memiliki khasiat bisa mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Nutrisi alami pada alpukat misalnya saja seperti vitamin E, omega, dan lemak sudah terbukti secara klinis bisa menghentikan penyakit Alzheimer.
6. Untuk Kesehatan Kulit
Kandungan dari lemak dan juga vitamin E yang ada pada alpukat ini dipercaya bisa menjaga keindahan kulit serta dapat memperlambat datangnya keriput.
7. Sumber Makanan Berserat
Selain mengandung serat larut, alpukat juga mengandung serat tidak larut. Jadi selain bisa membantu mengurangi kadar kolersterol, juga memiliki kemampuan untuk menjaga fungsi usus dan juga membantu menghindari lonjakan gula darah paska makan.
8. Sumber Vitamin E
Alpukat juga dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin E paling tinggi. Dan vitamin E ini sangat penting untuk tubuh Anda. Sebab bisa membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.
9. Buah yang Kaya Lemak Baik
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal atau yang dikenal juga dengan lemak baik. Lemak ini bisa membantu kesehatan jantung dan juga dapat menurunkan tekanan darah.
10. Untuk Ibu Hamil
Buah alpukat ini merupakan sumber alami dari asam folat. Sedangkan asam folat ini sangat diperlukan ibu hamil untuk membantu perkembangan janin yang sehat.
Ini baru manfaat satu buah yang ada pada es teler. Belum lagi manfaat buah lain yang ada pada es teler. Maka dari itu, selain menyegarkan, sudah pasti es teler juga menyehatkan.
Nah untuk kalian yang tinggal di Batam, saya punya rekomendasi es teler enak nih. Berlokasi di Foodcourt Tiban Center, stand pertama yang sangat mudah kalian temukan. Es Teler Baloi namanya. Wah kok Baloi yah padahal lokasinya di Tiban. Baloi adalah salah satu nama daerah di Batam.
Es Teler Baloi
Es Teler Baloi menjadi favorit saya untuk melepas dahaga, cocok banget diminum saat cuaca panas. Apalagi di Batam, uuuuh gak kuat deh lama-lama di luar, bisa dehidrasi akut. Saya bela-belain jauh-jauh dari Bandara (daerah rumah saya) ke Tiban demi minum es teler ini. Sebenarnya di sekitar Bandara sih banyak yang menjual es teler, tapi karena sudah ketagihan jauh juga gue dijabanin deh.
Akhirnya saya ke Tiban bersama teman saya untuk menikmati segarnya Es Teler Baloi. Buah-buahan yang segar ditambah manisnya susu dan potongan es yang bikin dahaga seketika hilang. Rasanya tak sia-sia saya menempuh jarak yang cukup jauh.

Selain itu masih banyak lagi menu yang ditawarkan, salah satu menu favorit mereka yang selalu saya pesan adalah mie ayamnya. Kuahnya terasa banget kaldunya, sampai-sampai kalau pesan saya minta tambah kuahnya 1 mangkuk. 

Mie ayam

Daftar menu

ES TELER BALOI

Address:
Pujasera Tiban Centre, Jl. Gajah Mada, Tiban Indah, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29424

Phone :
0838-2186-0964

Opening hours :
12:00 - 22:00 WIB

No comments:

Post a Comment