Tuesday, 26 December 2017

Pemandian Raja - Wisata Pemandian Lubuk Papan, Daik Lingga


Wisata Pemandian Lubuk Papan di Daik, Lingga. Dahulunya lokasi ini dijadikan sebagai tempat mandinya orang-orang kerajaan pada zaman kerajaan Sultan Mahmud Riayat Syah III sampai masa kepemimpinan Sultan Abdurrahman. 

Tempat pemandian ini mempunyai sumber air dari puncak Gunung Daik dan lokasinya terdapat di dekat Replika Istana Damnah yang juga mempunyai pemandangan asri. Lokasinya, persis berada di salah satu sudut aliran Sungai Tanda. 

Sebelum dibangun seperti sekarang, pemandian ini dulu tidak berpagar atau diberi tapak siring. Terbentuk alami begitu saja. Kini, Pemerintah setempat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga, telah melakukan pembangunan di sekitar lokasi pemandian. 

Beberapa di antaranya adalah keberadaan gazebo yang menyebar di sejumlah tempat, terutama di sisi punggung sungai yang berada dekat dengan area pemandian dan sering digunakan para pengunjung untuk beristirahat sembari menikmati keindahan yang ditawarkan di tempat tersebut. Selain itu dibangun juga tembok semen yang tingginya kurang lebih 2 meter, yang di beberapa sudutnya terdapat undak-undakan, jalur menuju ke sungai. Oleh para pengunjung, tempat ini kerap juga dijadikan sebagai tempat duduk-duduk santai sambil bermain air. 



Untuk menuju Pemandian Lubuk Papan dari pusat kota Daik kalian hanya perlu menempuhnya menggunakan transportasi darat seperti mobil dan motor. Kurang lebih hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai dan menikmati pemandian tersebut.

Pemandian ini dibuka pukul 10.00 WIB sampai dengan 17.30 WIB. Namun, bila pengunjung sedang ramai biasanya pihak pengelola secara sengaja menambahkan waktu jam buka.

Harga tiket masuknya pun sangat murah, orang dewasa hanya dikenakan biaya sebesar Rp 3.000,00 saja dan anak kecil Rp 1.000,00 dengan tambahan biaya parkir.



1 comment: