Monday, 18 December 2017

Pengalaman Pertama Jadi MC di Acara Perusahaan



Diminta menjadi MC di acara besar, takut gagal namun tetap saya coba.

Bagaimana kita bisa tahu bahwa kita akan gagal atau berhasil kalau kita tidak mencobanya? Kalau kalian diminta beberapa kali untuk menjadi MC, saya yakin orang melihat kalian punya kemampuan untuk itu. Hanya saja, kalian mungkin tidak yakin dengan kemampuan diri, tidak tahu apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan. Perasaan itu memang mencemaskan, tapi bisa diatasi kalau kita tahu langkah-langkahnya.


Seseorang yang baru pertama kali membawakan suatu acara biasanya lebih gelisah /grogi/nervous bila dibandingkan dengan mereka yang telah berkali-kali membawakan acara. Dengan  seringnya menjadi MC, biasanya kemampuan komunikasi akan semakin bagus, dan semakin mengerti kendala-kendala apa yang mungkin muncul dalam acara sehingga lebih siap mengantisipasi atau menghadapinya.

Lakukan  persiapan jika memungkinkan, termasuk mengobservasi venue dan mempelajari acaranya, jangan menolak karena alasan merasa belum  pernah membawakan acara semacam itu. Segala sesuatu dimulai dari langkah pertama, dan pengalaman pertama kalian akan menjadi bekal yang bermanfaat.

Berani menerima tawaran untuk memandu suatu acara, apa saja persiapan yang harus saya lakukan?


Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama, adalah persiapan mental. Yakinkan diri kalian bahawa kalian dianggap mampu melakukannya. Masak sih, mereka mempertaruhkan kesuksesan acara dengan meminta seseorang yang tidak punya kemampuan untuk memandunya?

Kedua, Pelajari jenis acaranya, apakah berformat upacara, acara resmi, acara setengah resmi, atau acara santai. Siapkan busana yang sesuai. Namun karena acara yang saya pandu adalah family gathering perusahaan maka acara bersifat santai dan kekeluargaan, selain  itu panitia juga sudah menyiapkan pakaian untuk para peserta acara.

Persiapan berikutnya adalah menulis kalimat-kalimat yang akan diucapkan nantinya (draft). Dengan menuliskannya, secara otomatis kita akan mempelajari unsur-unsur acara tersebut dan merencanakan kalimat seperti apa yang akan diucapkan. Bila terasa kurang pas, masih ada waktu untuk memperbaiki dan menulis kembali kalimat yang lebih tepat.

1. 26th Anniversary­­­-Labtech Family Gathering Fun day di Batam View Beach Resort 2016


Sabtu 16 Desember 2017, saya beserta teman-teman ke Batam View Beach Resort karena diundang untuk melihat pohon durian yang berbuah. Lokasi pohon durian itu mengingatkan saya pada pengalaman pertama saya memandu acara besar untuk pertama kalinya. Saya diminta jadi MC untuk acara ulang tahun perusahaan yang mengusung konsep family gathering.

Mengunjungi Batam View Beach Resort 16 Desember 2017
Acara ini bukan  acara pertama saya diminta menjadi MC, namun menurut saya ini adalah acara besar pertama yang saya pandu. Acara pertama yang saya pandu adalah buka puasa bersama di perusahaan. Perusahaan tempat saya bekerja adalah PT Labtech Penta Interrnational. Perusahaan ini merupakan salah satu produsen terbesar di dunia dalam bidang peralatan dan pelatihan kejuruan (Technical and Vocational Education and Training / TVET). Perusahaan ini memiliki jumlah karyawan lebih dari 300 orang. Saya tidak dapat membayangkan sebelumnya dapat dipercaya memandu acara dengan peserta sebanyak itu, dan lagi kalau dihitung pesertanya lebih dari 300 orang karena karyawan dibolehkan membawa anggota keluarganya ke acara tersebut.

Memandu acara di atas panggung *maafkan kurang feminin, bawaan orok
Sebenarnya apakah gathering atau outing itu, mengapa justru banyak perusahaan atau instansi yang terkesan justru seperti menghamburkan uang untuk sekedar bersenang - senang ???

Tapi justru sekarang ini menjadi tresnsetter perusahaan atau instansi mengadakan gathering/outing, entah dengan nama company gathering, family gathering ataupun sejenisnya dengan maksud dan tujuan tertentu. 

Adapun Kegiatan Family Gathering ataupun Employee Gathering adalah melaksanakan sebuah kegiatan untuk seluruh lingkup karyawan beserta keluarganya (Family Gathering) atau tidak (Employee Gathering) dan juga kepada pihak-pihak dalam lingkup perusahaan yang ikut berperan aktif memajukan perusahaan selama ini, untuk melakukan atau hadir secara bersama-sama dengan tujuan sebagai proses penyegaran dari rutinitas keseharian yang ada agar dapat sedikit re-fresh dan rileks, serta dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang erat antara perusahaan dengan karyawannya, karyawan dengan karyawannya maupun dengan anggota keluarganya. Biasanya pada kegiatan seperti ini tema hiburan bagi karyawan ataupun keluarganya sangatlah dominan.

Antri Makan
Games
Satu hal yang lupa saya persiapkan adalah saya harus menjadi translator untuk manager saya yang merupakan expatriate dari USA. Setiap manager diminta untuk memberikan kata sambutan. Namun saya tidak terpikir bahwa beliau akan meminta saya mengartikan kata sambutan beliau. Alhasil setiap kalimat yang beliau ucapkan dalam Bahasa Inggris harus saya terjemahkan ke Bahasa Indonesia agar para peserta mengerti apa yang disampaikan oleh Beliau.

Software & Web Development Department Jay Branham

President Director Steven McKee memberikan kata sambutan

Penampilan tari oleh karyawan
President Director Steven McKee mengambil kapur sirih
Penampilan musik oleh karyawan
Antusias peserta saat meyaksikan penampilan musik
Games
Games
Games
Happy karena sukses jadi MC
Setelah berhasil memandu acara sebesar ini, percaya diri saya bertambah, kemampuan komunikasi saya meningkat. Ini merupakan pengalaman luar biasa yang saya dapat saat bekerja di perusahaan ini. Saya tidak akan pernah melupakan pengalaman berharga ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang pernah diminta untuk menjadi MC dan masih ragu untuk menerima atau menolaknya.

18 comments:

  1. Wuih, kerenn kali lah, cuma orang2 tertentu loh yg bisa tampil dan jadi MC kek gini 😍. Soalnya aq gk berani 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih bang asad, kemarin juga kalo gak coba gak tau bakal bisa.

      Delete
  2. Mantaaabh, 4 jempol lah buat roma

    ReplyDelete
  3. ya ampuun....kecil kecil nyalinya besar ya.... aku aja didepan tamu yang satu bus kadang mau ngeguide aja gemetaran...nah ini kamu nge mc didepan ratusan orang...wuiihh salut ama mental berani nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya kak sarah awalnya ragu jg, tapi sayang kalo gak dicoba.

      Delete
  4. Top daaah kamu roma.. Sukses acaranya d pandu MC kece kaya kamu😉

    ReplyDelete
  5. Nice Roma, pengalaman berharga buat masa depan. *thumbs up

    ReplyDelete