Saturday, 13 January 2018

SQA Engineer, Video Editor dan Traveller. 3 Istilah Keren yang Sekarang Melekat di Diri Saya.


Hi guys, kali ini saya mau cerita tentang keseharian saya, baik dalam hobi, pendidikan serta karir. Judulnya sih seperti sombong gitu ya hehe sekali-sekali gapapa yah. Tiga istilah keren di atas memang melekat di diri saya, kalau dari sudut pandang saya tiga istilah keren di atas itu tidak hanya keren tapi anugerah seperti Nabi Musa yang dapat tongkat ajaib sebagai apocalypse. Saya juga begitu, saya tidak pernah terpikir akan bekerja sebagai SQA engineer, video editor serta memiliki hobi sebagai traveller. Tiga istilah ini walaupun berbeda tapi sangat berkaitan satu sama lain dalam kehidupan saya.

Istilah keren yang pertama yaitu SQA Engineer. Sekarang saya bekerja sebagai SQA EngineerSQA Engineer adalah singkatan dari Software Quality Assurance Engineer yaitu orang yang menjamin aplikasi yang ingin diproduksi oleh perusahaan, secara garis besar seorang Software Quality Assurace Engineer harus menjamin perusahaan menghasilkan produk software (perangkat lunak) yang berkualitas tinggi, agar product (bisa Software/Hardware/Website) dapat diterima dengan baik oleh costumer

Untuk menunjang pekerjaan tersebut saya butuh laptop super canggih dengan spec dewa. Saya dapat tempat yang menawarkan laptop dengan spec yang sesuai kebutuhan saya dan harga sesuai dompet, dompet perusahaan maksudnya. Nah banyak loh yang jual laptop murah di Tokopedia. Jadi gak perlu ribet buat keliling toko laptop agar bisa dapat laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita, dan survey untuk compare harga.

Pict from Tokopedia

Pict from Tokopedia

Kemudian istilah keren yang kedua adalah Video Editor. Di perusahaan lama tempat saya bekerja dulu sebelum menjadi SQA Engineer, saya bekerja sebagai Video Editor. Saat proses editing inilah gambar-gambar yang tidak penting dan tidak sesuai dengan konsep harus dihilangkan, susunan video harus dirangkai sesuai dengan durasi yang telah ditentukan, dan hal-hal yang kurang enak dilihat akan didedit dan ditambahkan, sehingga akhirnya menjadi rangkaian video utuh yang layak ditampilkan ke publik. 

Ketika proses editing, editor adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap kualitas sebuah video. Editor video harus mampu memahami maksud dan menerjemahkan keinginan sutradara. Tapi jangan dikira saya ngedit film yah guys. Yang saya edit adalah proses pengoperasian mesin seperti mechanical, electronic, electrical, dan hvac. Nah posisi ini berkaitan dengan pekerjaan saya sebagai SQA Engineer yaitu memeriksa dan menguji kelayakan produk sebelum direlease.

Sebelum video diedit, saya juga bertugas untuk merekam video mesin-mesin tersebut. Selain itu saya juga mengatur bahan apa yang akan menjadi acuan pengambilan gambar, bahasanya kerennya sutradara. Jadi benar-benar super duper job, menjadi sutradara, director of photpgraphy,  video editor bahkan me-review hasil video yang telah selesai diedit adalah tanggung jawab saya waktu itu.

Lalu yang ketiga adalah Traveller. Yang satu ini merupakan hobi saya. Jalan-jalan, makan, dan menjelajahi tempat baru adalah hal yang menyenangkan bagi saya, Saya suka travelling terutama wisata air. Gak kuat kalo lihat wisata air bawaanya pengen nyebur.  Selain itu saya juga suka semua wisata alam. Sebenarnya saya suka semua jenis wisata cuma lebih tertarik dengan wisata alam. Kalau ada yang ngajak ke Singapore atau ke air terjun, saya dengan lantang akan memilih air terjun. 


Air terjun Resun, Daik, Lingga


Satu benda yang sangat penting bagi traveller adalah kamera, karena dengan kamera saya bisa mengabadikan perjalanan saya. Gak hanya foto, biasanya saya juga merekam video. Lumayan skil editing video saya juga berguna untuk menunjang hobi. Fotografi dan videografi ini benar-benar saya dalami saat kuliah karena jurusan saya adalah multimedia dan jaringan yang notabennya mempelajari segala bentuk multimedia serta pengembangan software. Jadi ilmu untuk mengambil foto, video dan editing video yang saya dapat dari kuliah saya terapkan di pekerjaan serta hobi saya, dan ilmu pengembangan software saya terapkan di pekerjaan saya sebagai SQA Engineer. 

Nah untuk menunjang skil itu saya butuh alat canggih yang bisa mengabadikan seluruh momen di perjalanan saya. Biasanya sih saya menggunakan kamera, tapi lagi pengen banget beli alat yang lebih canggih yaitu kamera drone, dan dapat saran dari kawan ada yang jual kamera drone murah terbaik. Drone sendiri digunakan baik untuk fotografi maupun videografi karena kemampuannya yang istimewa, yakni bisa dikendalikan dan mendapatkan sudut tinggi sesuai dengan keinginan kita. Sudut tinggi merupakan sudut unik yang sulit didapatkan dan dari sudut ini bentang alam akan nampak megah dan pergerakan drone memberikan kesan dinamis dalam merekam video. 

Pict from Tokopedia

Wah gak terasa nulis sebanyak ini, semoga tulisan di atas bermanfaat buat kalian semua. Sejatinya semua kegiatan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dinikmati akan menjadi sesuatu yang membanggakan, kenali jati dirimu, explore kemampuanmu, dan coba semua hal yang dapat menunjang keahlianmu.

26 comments:

  1. wah... drone nya keceh buat travelling. coba cek ah di toko pedia

    ReplyDelete
  2. Sukses yaa Roma buat karir barunya dan hobi travellingnya. khekhekhe

    ReplyDelete
  3. Makasih ya bang sak, semoga karir abg juga makin sukses. amiiiin

    ReplyDelete
  4. Pengen beli drone jg aaaaahh biar kekinian,hihihihiiiii

    ReplyDelete
  5. You are inspiring me, best of luck mba romaaa 😘

    ReplyDelete
  6. pekerjaan dan hobby nya mendukung banget ya...hasil foto / video travelingnya bakalan bagus bagus ni, karena roma pandai mengeditnya jadi tambah kece...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoooo kak sarah jadi modelnya, model video clip cik puan kijang

      Delete
  7. Ahhh terbest emg ya partner travelling ku ini. Yukk ahhh travelling bareng.. ntar sekalian cari kamera juga ah di tokopedia����

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk beb jalan lagi, kangen. mau travelling bareng lagi. hihihi beli beb beliii....

      Delete
  8. Sukses Roma, ceritakan terus aksimu. . .

    ReplyDelete
  9. Wah. Bisa nih syuting company profile pake drone.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli yed, buat company profile yang kece.

      Delete
  10. Hmm itu laptop nya idola spec nya ok punya. pengen punya drone juga sih

    ReplyDelete
  11. Wah mantap bolehlah punya ini biar lebih keren

    ReplyDelete
  12. Ahh 3 profesi yang menarik..kerenn..semoga selalu mengisnpirasi yaa

    ReplyDelete